Disable secreensaver

Salah satu kekawatiran jika PC atau notebook Anda sering dipakai oleh orang lain adalah kemungkinan mereka iseng dengan mengubah screensaver yang telah kita setting sebelumnya. Masalahnya adalah jika mereka mengganti screensaver dengan tulisan atau gambar yang tidak sopan atau tidak senonoh lainnya maka tidak bisa dibayangkan betapa malunya jika sampai ada orang lain yang melihatnya. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, untuk sementara waktu, kita bisa mendisable screensaver sehingga orang lain tidak bisa menggantinya sesuka hati mereka. Oleh karena itu, pada TIPS DAN TRIK KOMPUTER kali ini, kita akan mencoba melakukan disable secreensaver dengan bantuan gpedit.msc. Kalaupun dengan tips dan trik ini, orang lain masih bisa menggantinya, tetapi paling tidak hal ini dapat sedikit menghambatnya.

Langkah-langkahnya

· Buka gpedit.msc dengan mengklik Start > Run > ketik gpedit.msc kemudian OK atau ENTER hingga muncul jendela Group Policy Editor.

· Kemudian klik User Configuration > Administrative Templates > Control Panel > Display. (lihat gambar di bawah ini)

· Kemudian pada sebelah kanan klik double Screensaver hingga muncul jendela Screensaver Properties seperti di bawah ini.

· Kemudian pilih opsi Disabled. Kemudian klik OK atau Apply.

· Selanjutnya tutup jendela Group Policy Editor tersebut.

· Tanpa harus logg off dahulu, coba sekarang kita buka Display Properties dengan mengklik kanan pada area desktop kemudian pilih Properties maka akan tampil jendela Display Properties. (lihat gambar di bawah ini).

· Kemudian klik tab Screensaver, maka di situ kita tidak bisa mengakses screensaver untuk menggantinya.

· Jika ingin mengembalikan ke kondisi semula, ulangi prosedur di atas, hanya pada pilihan tiga opsi, Anda pilih Not Configured.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar: